Jumat, 12 September 2014

Mitos & Fakta tentang ac mobil..

Banyak beredar Mitos2 tentang ac mobil di masyarakat.
namun untuk kebenaran nya tidak pasti dan tidak jelas..
AUTO ROTARY BINTARO Mencoba untuk membahas mitos & Faktanya tentang ac mobil..

• Menghidupkan ac pada kecepatan blower tinggi akan  membuat freon cepet habis.

Fakta : Freon Ac mobil tdk bisa disamakan dgn Bensin pada mesin, karena bedanya mesin jika semakin sering kita gunakan akan membuat bensin lebih cepat habis, freon pada ac mobil itu berbeda, jika tidak ada kebocoran maka seberapa sering / seberapa kencang blower yg kita gunakan freon itu tidak akan pernah bisa habis, lagipula kalau kita stel speed blower yg lebih tinggi itu hanya berpengaruh dgn kecepatan blower itu sendiri, tidak ada hubunganya dgn freon sama sekali.

• jika mematikan mesin harus posisikan ac off jika tidak akan membuat compressor rusak.


Fakta : Untuk kasus ini sebetulnya tidak membuat compressor rusak, namun lebih tepat tujuannya pada saat mesin akan di hidupkan lagi listrik dari aki Full tanpa di bebanin dari ac, dll.

• Menghidupkan ac pada saat mobil dalam kecepatan tinggi di tol dapat membuat compressor jebol??

Fakta : Kita sering mendengar mitos bahwa compressor ac akan rusak apabila di hidupkan pada saat putaran mesin tinggi, kenyataannya rata2 kita jalan di tol itu sekitar 3000rpm itu masih bisa di bilang putaran normal.
Dan pada ac ada yg namanya termostart / otomatis jika dingin sudah tercapai derajat tertentu,  maka alat termostart tsb tetap akan mematikan compressor dan secara otomatis setelah beberapa saat tidak perduli putaran mesin itu sudah mencapai 3000RPM atau 6000rpm sekalipun akan menghidupkan compressor kembali, jadi kesimpulannya mitos ini tdk benar.

• Isi freon secara rutin, karena freon akan habis dengan seiring pemakaian ac mobil.

Fakta : Freon itu cara kerjanya hanya bersirkulasi, jika tdk ada kebocoran tdk akan pernah bs habis.
Jika terjadi kebocoran di sistem, tidak perduli mau dipakai / tidak dipakai freon tetap akan habis.

• Stel temperature ac max akan membuat bensin sangat boros.

Fakta : Untuk mitos ini ternyata tidak signifikan, karena jika kita stel temp full itu hanya selisih beberapa detik untuk memperlambat compressor off.

• Selama ac mobil tidak masalah, tidak perlu di service..

Fakta : Mitos seperti Ini yg paling aneh!
Seperti halnya AC rumah saja kita perlu service rutin sekitar 3-6 bulan sekali.
apalagi mobil yg setiap hari kita pakai di jalanan yg penuh polusi, dan Semakin sering kita pakai ac, maka ac pasti akan kotor dari debu yg terhisap dari blower, dan itu tentu perlu dilakukan service rutin untuk pembersihan dan pengecekan komponen agar meminimalkan kerusakan yg besar.

• Memberi isolator pada pipa ac akan membuat ac lebih dingin.

Fakta : Banyak sekali mitos beredar seperti ini, kenyataannya pipa jika terlalu banyak di bungkus oleh isolator malah menghambat panas terbuang. kita bisa lihat kenyataannya dari seluruh mobil yg di produksi bawaan parbrik, mengapa tidak ada yg membungkus isolator pada keseluruhan pipa ac mobilnya.
Karena sebetulnya tujuan isolator hanya untuk melindungi pipa agar tidak terjadi gesekan yg dekat body agar tdk bocor, namun banyak yg salah meng-artikan..


Video Cara Kerja COMPRESSOR AC Mobil (Full HD):







INFO LENGKAP :
AUTO ROTARY BINTARO
SPECIALIST AC MOBIL & SPARE PARTS
(021)734 2209
0811 8700 34
Pin BB : 2880 4848
www.acmobil.co
www.rotarybintaro.com
Email : ferry@rotarybintaro.com



Tidak ada komentar: