Kamis, 11 September 2014

MAGNETIC CLUTCH PENYEBAB AC MOBIL DEMAM (KADANG PANAS KADANG DINGIN)

MAGNETIC CLUTCH PENYEBAB AC MOBIL DEMAM (KADANG PANAS KADANG DINGIN)



apa itu magnetic clutch?
Magnetic clutch disebut juga kopling magnet pada kompresor ac mobil yang berfungsi untuk menghubungkan putaran mesin mobil dengan kompresor ac.
Pada magnetic clutch terdapat puli yang berputar terus-menerus mengikuti putaran mesin dengan terhubung melalui tali kipas,
di bagian sebelah dalam puli tersebut terdapat Spul, jika alat ini di aliri arus listrik akan terbentuk medan magnet
yang akan menarik center piece dengan menghubungkan putaran puli dan bidang singgungnya akan bergesekan
dan saling melekat dalam satu unit untuk memutar kompresor sesuai dgn putaran mesin.
magnetic clutch itu terdiri atas 3 bagian : Center Piece, Pully, dan Spul Magnet.



dan Pernahkah anda mengalami ac mobil yang tadinya dingin normal2 saja namun
tiba2 seketika menjadi panas, sehingga harus membuka jendela.
bisa jadi itu karena magnetic clutch yang masalah.!!

yuk mari kita kenali ciri-ciri magnetic clutch masalah, sbb :
• Blower dalam kabin tetap hidup, namun ac tdk dingin.
• Pada saat tiba2 ac menjadi panas terkadang RPM mesin naik hingga diatas 1.000 RPM.
• Pada Kebanyakan kasus keluhan ini muncul Ketika jalan macet / jalan merayap
dengan keluhan yg yg tadinya ac dingin tiba2 ac menjadi panas namun Setelah dimatikan tombol ac nya sesaat Terkadang ketika jalanan sudah lancar ac bisa dingin kembali, dan itu bisa terjadi berulang2 terus.
• Terdengar suara gesekan besi beradu "srroogg" , lalu kelamaan Ac mobil tidak dingin tiba2 disertai Bau gosong / sangit.
• pada kasus lain, juga ada yg pernah mengalami ketika mobil jalan kencang di tol ac menjadi tiba2 panas juga.

SUDAH ADA YANG PERNAH MENGALAMI DENGAN CIRI2 DIATAS???

Pada dasarnya ketika kita hidupkan ac dari switch pasti akan mengirim arus listrik ke 4 komponen ini secara bersamaan :
1. Motor Blower
2. Motor fan
3. Idle up (alat untuk menaikan gas mesin apabila ac on)
4. Magnetic clutch kompresor

maka dari itu Apabila keluhan magnetic clutch ini sedang kumat, biasanya motor blower bagian dalam tetap hidup,
motor fan ac bagian luar mesin juga tetap hidup dan RPM mesin bisa juga akan naik
diatas angka 1 (1.000 rpm) itu karena sinyal listrik dari saklar dalam tetap menyuplai ke 4 komponen diatas, tapi karena magnetic clutch nya tdk jalan maka beban dari kompresor ke mesin tidak ada sehingga membuat gas mesin nge loss dan naik diatas 1.000 RPM.

Cara menganalisa magnetic clutch rusak itu yaitu dengan cara memberikan arus listrik 12 volt langsung dari aki ke magnet clutch.
Jika center piece tidak tertarik saat di berikan aliran arus listrik berarti magnet clutch terdeteksi bermasalah.
atau dengan cara lain, test kabel Strum (+) yg menuju ke magnet dengan menggunakan Test-pen apakah strum (+) stand by ketika ac on, jika Strum (+) ada, namun kabel tsb di colok ke magnet clutch tidak bisa hidup itu sudah dipastikan magnetic clutch masalah.












Regards,
AUTO ROTARY Bintaro
Specialist AC Mobil & Spare Parts
Jl.RC Veteran No.1a, bintaro raya.
tanah kusir, Jak-Sel
(021)734 2209
0811 8700 34 (wa)
Pin BB : 2880 4848
www.RotaryBintaro.com
Follow Us : @Rotarybintaro

Tidak ada komentar: