Selasa, 04 Desember 2012

7 penyebab AC mobil tidak dingin / tidak Normal

7 penyebab AC mobil tidak dingin / tidak Normal :


1.Kondensor dan Radiator kotor
Permukaan kondensor atau radiator yang kotor akan membuat pembuangan panas dari freon gas bertekanan tinggi pada kondensor terjadi tidak sempurna sehingga proses kondensasi juga tidak sempurna.

2.Evaporator Kotor
Kotor di evaporator lebih banyak disebabkan oleh debu yang di hisap oleh blower dan menempel pada permukaan evaporator yang mengakibatkan aliran udara tersumbat, efeknya akan membuat angin jadi mengecil. Untuk rata2 mobil diatas thn 2003 biasanya sudah bias dipasang Filter Blower, dan kami  menyarankan untuk dipasang. Karena efek positifnya debu tidak akan gampang masuk ke evap, singkat cerita dapat membuat evap lebih awet
Image

3.Freon habis atau berkurang
Freon pada dasarnya tidak bias kurang apalagi habis jika tidak terjadi kebocoran,. Kebocoran biasa terjadi di system ac seperti : Sambungan seal O-Ring, Evaporator, Condensor, Compressor atau pun selang2..
Image

4.Motor Fan Mati / Lemah
Jika motor fan Mati / putaran lemah akan mengakibatkan pembuangan panas di kondensor tidak sempurna. Begitu pula jika putaran motor cooling fan terbalik dalam artian arah angin yang di hembuskan mengarah kedepan mobil, kemungkinan ini bisa terjadi karena kurang teliti pemasangan pada saat pergantian motor baru.
Image

5.Tekanan Freon dalam sistem AC Mobil berlebihan / overheat.
Tekanan Freon pada system ac berlebihan berkaitan dengan motor fan yang mati / lemah sehingga membuat over heat system ac nya sehingga membuat high pressure switch bekerja dan memutus arus listrik ke magnetic clutch atau Penyebab lain jika tekanan dalam sistem ac mobil berlebihan adalah freon terlalu penuh atau berlebihan sehingga bisa juga menyebabkan ac mobil menjadi tidak dingin .

6.Kompressor Aus
Kompressor AC aus biasanya di tandai dengan Bunyi kasar dan tekanan Freon menjadi tidak normal, efeknya jika kompressor aus, sight glass terlihat hitam. Dryer Filter dan expansi valve akan tersumbat.
 Image

7. magnetic clutch
magnetic clutch jika mati atau Lemah menyebabkan Center piece tidak terhubung dengan puli kompressor ac yang berputar dengan mesin, sehingga menyebabkan Compressor tidak bekerja.
Image




Regards,
Ferry Jensen
AUTO ROTARY BINTARO
Jl.RC Veteran No.1a, Bintaro Raya, tanah kusir.
JAKARTA SELATAN
(021)734 2209
0811 8700 34
Pin BB : 297 FE1FE
www.Rotarybintaro.com
Email : ferryjensenlie@yahoo.com

10 komentar:

rental genset mengatakan...

ooo...oo. dan ternyata ada banyak hal penyebab semua itu.
hmm...

thanks sob.

Harito mengatakan...

kompresor ac saya ut 318 e36 m43 kasar apa bisa dibaikin dan halus ya? apa kelemahanya klo diganti dengan punya ssk estem? termk Gan.......

Anonim mengatakan...

kompresor saluran kabelnya kemana ? karna kompresor saya kabelnya putus,

Unknown mengatakan...

Aku punya honda CRV 2005, kalo parkir nyala mesin dan ac, 15 menit keatas, temperatur naik sampai H, apa penyebabnya gan..? Mohon infonya, thanks.

Unknown mengatakan...

BMW 520 i thn 1995 aku ac nya panas ga dingin knpa ya kalo service brp ada yang tahu

PAIJO mengatakan...

Kalau waktu di nyalakan switch ac tapi tidak ada tegangan masuk padahal fuse dan relay masih bagus...kira2 apanya om..mobil chevrolet aveo 2004
pusing om dah 1 minggu gak nemu penyakitnya...

Muhammad main arifin mengatakan...

Urut kabel hub 081310295161

Unknown mengatakan...

Mobil apa itu pak

Unknown mengatakan...

Coba periksa kipas fan yg di depan apa nyala semua atau cuma 1,klu nyala 1 mungkin itu penyebabnya pak

Unknown mengatakan...

mau tanya admin kompresor ac mobil avanza 2008 tidak berputar kendalanya dari apa yah....