Selasa, 10 Januari 2012

Sebaiknya Pasang Cabin Filter Di Innova Anda!!!

Sebaiknya Pasang Cabin Filter Di Innova Anda!!!

Standart Mobil Innova dibawah Tahun 2007, sistem ac mobil nya belum dilengkapi Cabin Filter atau yang sering kita sebut dengan namanya filter blower..
sebetulnya apakah
Filter blower itu??
Filter blower adalah filter penyaring debu yang ada didalam kabin, posisi nya ada di belakang laci dashboard depan sebelah kiri, tepatnya di box Blower AC.
dengan berjalan waktu pemakaian ac, cepat lambat ac mobil Kita pasti akan kotor, nah jika tidak ada nya filter blower di mobil anda kotoran tersebut akan langsung masuk ke evaporator melalui motor blower, seperti ada di gambar berikut ini :



jika dibiarkan terus menerus kotor seperti itu, selain bau yang tidak sedap pada evaporator dan juga akan cepat korosi dan berakibat pada bocor / rusaknya si evaporator.
Evaporator adalah part yang lumayan mahal, dan filter blower adalah spare part yang murah.
jd kenapa gak kita korbankan saja membeli spare part yang murah untuk menjaga spare part yang mahal supaya evaporator bisa lebih tahan lama / awet.
jadi sebelum evaporator anda bocor / rusak, sebaiknya kita pasang filter blower itu.
tempat untuk pemasangan filter blower di mobil toyota innova sebetulnya sudah di sediakan hanya tidak diisi dari pabrikan.
jadi boleh dibilang filter blower ini adalah part optional..

tujuan dari ada nya filter blower adalah sebagai tameng debu / kotoran yang akan masuk ke evaporator, jadi supaya evaporator selalu dalam keadaan bersih selalu...
ini adalah contoh gambar filter blower innova yang terpasang di box blower nya :



Keuntungan dengan ada cabin filter / filter blower di mobil innova kita adalah sebagai berikut :
  • maintanace / perawatan jadi lebih murah dan mudah.
  • Evaporator ac mobil jadi lebih Awet karena tdk terkontaminasi dengan debu lagi.
  • AC mobil anda tidak gampang jamuran dan bau apek karena jika kotoran menempel di evaporator, karena evaporator itu pada saat jalan dingin / lembab, jika debu / kotoran menempel di tempat lembab akan menyebabkan bau apek.
Semoga Bermanfaat !!



INFO LENGKAP :
AUTO ROTARY BINTARO
SPECIALIST AC MOBIL & SPARE PARTS
(021)734 2209
0811 8700 34
Pin BB : 2880 4848
www.acmobil.co
www.rotarybintaro.com
Email : ferry@rotarybintaro.com

Condensor AC Mobil



Condensor adalah alat penukar panas, lebih tepatnya membuang panas dari refrigerant setelah dikompresi oleh compressor.
sebelum masuk ke condensor, temperatur refrigerant masih tinggi, tetapi di dalam condensor temperatur refrigerant di dinginkan oleh udara dengan bantuan kipas (
EXTRA FAN).


Setelah keluar dari condensor, temperatur refrigerant lebih dingin. fungsi condensor mirip dengan radiator yang mendinginkan air pada mesin mobil, hanya bedanya condensor menurunkan tekanan refrigerant..
Refrigerant merupakan zat yang mudah berubah bentuk, melalui condensor refrigerant yang berbentuk gas, bertekanan, dan bertemperatur tinggi di ubah bentuknya menjadi cair dengan tekanan yang stabil dan memiliki temperatur lebih rendah
condensor berbentuk pipa panjang yang berlekuk-lekuk sebagai tempat mengalirnya refrigerant.
pipa condensor juga dilengkapi dengan fin atau sirip-sirip yang dapat membantu proses pendinginan refrigerant, lancar atau tidaknya aliran udara pendingin yang melalui motor kipas, akan berpengaruh terhadap kinerja unit
AC mobil secara keseluruhan.
tersumbatnya condensor karena kotoran misalnya, akan berpengaruh terhadap hasil pendinginan refrigerant, sehingga AC mobil akan terasa kurang dingin.
oleh sebab itu, membersihkan sirip-sirip condensor sangatlah penting dan sebaiknya dilakukan rutin setiap beberapa bulan sekali dengan selang air.
pada umumnya kerusakan condensor karena 2 hal :






Info Lengkap :
AUTO ROTARY bintaro
(021)734 2209
PIN BB :
297F E1FE
Jl. RC Veteran No : 1a, Bintaro Raya, Tanah Kusir.
Jakarta Selatan.

Web : http://www.rotarybintaro.com

Cara pemasangan Filter blower nissan livina


Fungsi filter blower adalah untuk menyaring debu atau kotoran, pada mobil2 tertentu belum dilengkapi alat ini, tergantung merk mobil juga, ada beberapa merk / type mobil yang diatas tahun 2007 juga sudah dilengkapi filter blower , contohnya seperti toyota innova, honda CR-V gen 3, DLL.
tapi ada juga mobil2 tertentu sampai tahun 2010 seperti nissan livina juga belum terpasang filter blower, namun tempat / rumah filter blower sendiri sudah ada / tersedia, jadi kita tinggal membeli filter blower untuk mobil tersebut dan memasangnya.
jika dipasangi filter blower maka evaporator atau yang sering disebut dengan sarang tawon akan lebih terjaga dari debu2.
efek positif dengan adanya filter blower di mobil adalah :


  • AC tidak gampang bau

  • Evaporator lebih awet karena tidak langsung terkontaminasi oleh debu.
Artikel AUTO ROTARY bintaro kali Ini akan membahas bagaimana memasang filter blower pada mobil Nissan grand livina.



Dan dibawah ini adalah contoh Filter Blower nissan Livina :


Filter Blower Tampak Depan / Filter Blower Tampak Atas ( Housing )

untuk pemasangan filter blower, Ada beberapa step untuk bisa terpasang di mobil :
1. Buka Laci terlebih dahulu, lepaskan 6 baut menggunakan obeng kembang.



2. setelah itu copot corong angin bagian bawah, masih menggunakan obeng kembang total baut ada 3pc, posisi baut seperti yang di beri tanda seperti gambar yang dibawah ini.



3. lalu siapkan pisau / cutter untuk memotong tempat filter yang sudah ditandai dari asli bawaan pabrik seperti gambar dibawah ini.



4. Setelah terpotong akan kelihatan seperti yang terletak digambar, didalam box terlihat kosong dan memang seharusnya di situ lah tempat untuk pemasangan filter blower..



untuk pemasangannya tekuk filter blowernya sedikit lalu dorong ke box evaporator yang sudah terpotong itu.

5. SELESAI...
HOUSING FILTER BLOWER AKAN TERLIHAT TERTUTUP RAPAT DAN RAPI.



SELAMAT MENCOBA....
SEMOGA ARTIKEL INI BERMANFAAT.....
!!!


INFO LENGKAP :
AUTO ROTARY BINTARO
SPECIALIST AC MOBIL & SPARE PARTS
(021)734 2209
0811 8700 34
Pin BB : 2880 4848
www.acmobil.co
www.rotarybintaro.com
Email : ferry@rotarybintaro.com

Compressor AC mobil







Compressor merupakan komponen yang bekerja memompa refrigerant agar dapat bersikulasi keseluruh unit AC mobil, sehingga terdapat perbedaan tekanan, baik sebelum dan sesudah masuk ke dalam compressor.

Prinsip kerja compressor mirip dengan "jantung" pada tubuh manusia dan refrigerant sebagai "darahnya”.

Pada bagian masuk compresor disebut sebagai daerah tekanan rendah (low press) dan bagian keluar compressor disebut daerah tekanan tinggi (high press).



Tenaga penggerak compressor untuk mensirkulasikan refrigerant berasal dari tenaga mesin, dengan beberapa perantara seperti :

*
Fanbelt
*
Pully Compressor
*
Magnetic Clutch Compressor
Compressor dapat berputar seirama dengan putaran mesin, dengan adanya pembagian tenaga mesin untuk menggerakan compressor, otomatis beban mesin akan bertambah sehingga secara otomatis konsumsi BBM pun akan sedikit meningkat.

Vitalnya fungsi compressor dalam system
AC mobil, sehingga perlu diperhatikan kondisi maupun perawatannya, jangan sampai karena kurangnya perawatan menyebabkan AC mobil tidak bekerja dengan normal.

Compressor yang terdapat pada unit AC mobil memiliki beberapa type, bentuk , dan ukuran yang berbeda-beda yang disesuaikan jenis mobil , CC mesin, dll.

EVAPORATOR AC MOBIL

Evaporator adalah salah satu bagian pada AC mobil yang berfungsi untuk mengeluarkan hawa sejuk ke dalam kabin mobil.
Tugas dari evaporator Sebagai penukar kalor yang di dalamnya mengalir cairan refrigerant yang berfungsi sebagai penyerap panas dari produk yang didinginkannya,sambil berubah phasa. Kadang-kadang evaporator disebut freezing unit, low side, cooling unit atau nama lainnya yang menggambarkan fungsinya atau lokasinya. Temperatur refrigerant di dalam evaporator selalu lebih rendah daripada temperatur sekelilingnya, sehingga dengan demikian panas dapat mengalir ke refrigerant.

Fungsi utama daripada evaporator adalah menyerap hawa panas untuk mengeluarkan hawa dingin, atau kebalikan dari fungsi condensor. Jumlah panas yang diserap oleh evaporator harus sama dengan jumlah hawa dingin yang diserap oleh condensor.

Jika tidak terjadi keseimbangan itu, maka system AC mobil anda akan terasa kurang maksimal.

Pada umumnya evaporator dibersihkan dalam jangka waktu 1 tahun dan disertai dengan penggantian Dryer / Filter.

Biasanya jika evaporator yang sudah lama tidak di service, keluhan-keluhan adalah sebagai berikut :






Info Lengkap :AUTO ROTARY bintaro
Jl. RC Veteran No : 1a, Bintaro Raya, Tanah Kusir.
Jakarta Selatan.

(021)734 2209
PIN BB : 297F E1FE
Web : www.Rotarybintaro.com

Receiver Dryer / Filter


Receiver Dryer
Receiver Dryer yang akrab kita kenal dengan sebutan Dryer / Filter berfungsi untuk menyerap kotoran dan air yang terbawa bersirkulasi bersama Refrigerant, Didalam Receiver terdapat 2 komponen penting yaitu Dryer ( pengering) dan filter ( penyaring).

Didalam Receiver dryer Terdapat :
Filter
Desiccant
Sight glass
Fusible plug


Masing2 Cara kerjanya adalah sebagai berikut :



Filter berfungsi membersihkan kotoran yang ada dalam refrigrant, Fungsi dari filter tersebut sangat penting sebab jika refrigerant kotor akan menyebabkan karat pada komponen-komponen didalam sistem AC.

• Lalu filter akan dikonstruksi ke tabung silinder yang di dalamnya terdapat Silica Gel (Desiccant) yang dapat menyerap uap air pada zat Refrigerant, Desiccant berfungsi untuk mencegah terjadinya pembekuan kotoran di dalam lubang katup expansi dan evaporator, Kotoran yang membeku tersebut dapat menghambat aliran zat refrigerant.

• Rata – rata untuk mobil dibawah tahun 2000 biasanya Pada bagian atas DRYER nya masih dilengkapi dengan kaca pengontrol (Sight Glass) untuk melihat beredarnya zat pendingin di dalam sistem ac, tetapi untuk mobil yg diatas tahun 2003 seperti : jazz, CR-V, Livina, Avanza, Dll sudah tidak mengaplikasi sight glass lagi di tabung Dryer nya melainkan di pisah dan diletakan di pipa ukuran 3/8”.


• Dan yang terakhir
Fusible plug berfungsi sebagai alat pengaman . Di Fusible plug ada timah yang akan meleleh apabila system ac seperti condensor atau pipa2 mampet atau beban tekanan berlebihan, maka tekanan itu akan merusak komponen ini.
dalam keadaan ini solderan khusus pada fusible plug akan meleleh sehingga refrigerant dapat keluar. Dengan demikian, komponen ac yang lain jadi tidak rusak dan solderan khusus tersebuh meleleh pada suhu 95 derajat C - 100 derajat C.

untuk part yang 1 ini jangan tunggu sampai jebol baru diganti,karena efeknya sangat luar biasa, bisa merembet kerusakan2 besar seperti compressor.
Rutinitas pergantian filter sebaiknya setiap 1 tahun sekali, untuk menjaga supaya system selalu terjaga bersih dan ac selalu dalam keadaan yang optimal.




Info Lengkap :
AUTO ROTARY bintaro
Jl. RC Veteran No : 1a, Bintaro Raya, Tanah Kusir.
Jakarta Selatan.

(021)734 2209
PIN BB : 297F E1FE
Web : www.Rotarybintaro.com

CABIN FILTER

Unit AC mobil yang telah dilengkapi dengan CABIN FILTER Blower dibagian evaporatornya, dapat mengurangi dan menyaring debu, kotoran, atau asap kendaraan.
Kaca & Pintu kendaraan yang tertutup sekalipun tidak luput dari kotoran dan debu tanpa kita sadari, seperti saat membuka pintu dan kaca, saat merokok, dan debu yang menempel pada pakaian & sepatu.
Agar tidak ada kotoran dan debu dalam kabin, sering-seringlah membersihkan kabin dengan menggunakan vaccum cleaner.
bersihkan filter blower secara berkala,dan ganti
CABIN FILTER rutin setiap 1 tahun.


jika mobil tidak menggunakan filter blower maka Udara Kotor Dan Debu akan Tersaring Oleh
Evaporator.
oleh sebab itu dibagian evaporator akan menumpuk kotoran dan debu, sehingga perlu dibersihkan secara rutin.
selain dapat menimbulkan bau yang tidak sedap dan menjadi sarang penyakit, kotoran yang menempel pada bagian evaporator juga dapat menimbulkan kerusakan/
kebocoran pada evaporator.



INFO LENGKAP :
AUTO ROTARY BINTARO
SPECIALIST AC MOBIL & SPARE PARTS
(021)734 2209
0811 8700 34
Pin BB : 2880 4848
www.acmobil.co
www.rotarybintaro.com
Email : ferry@rotarybintaro.com

PRINSIP KERJA AC MOBIL ANDA

PRINSIP KERJA AC MOBIL ANDA
Sistem kerja AC terdiri dari bagian yang berfungsi untuk menaikkan dan menurunkan tekanan supaya penguapan dan penyerapan panas dapat berlangsung.Sistem kerja AC dapat diuraikan sebagai berkut :



1. Zat pendingin bertekanan tinggi dari Compressor berupa gas.

2. Zat pendingin yang sudah didinginkan oleh
kondensor berubah bentuk dari gas menjadi cair.

3. Zat pendingin lalu disaring melalui
filter/dryer sebelum masuk ke expansi

4. Zat pendingin yang telah diturunkan tekanannya oleh katup Expansi, berubah bentuk menjadi
uap.

5. Zat pendingin yang telah menyerap panas pada
EVAPORATOR berubah bentuk menjadi gas.

6. Zat pendingin yang berbentuk gas diberi tekanan oleh kompresor sehingga beredar dalam sistem AC,karena adanya tekanan maka zat pendingin menjadi panas.

7.
Condensor akan medinginkan zat pendingin tersebut (kondensasi),sementara tekanan zat pendingin masih tetap tinggi dan berubah bentuk menjadi cair.

BEBERAPA TIPS TAMBAHAN UNTUK AC MOBIL ANDA

BEBERAPA TIPS TAMBAHAN UNTUK AC MOBIL ANDA

Berkendaraan Mobil akan terasa nyaman, jika penyejuk udara(ac mobil) bekerja sempurna. Sudah menjadi suatu kebutuhan apalagi di kota besar kalau AC macet/rusak atau tidak dingin, keadaan pun menjadi serba salah kaca jendela kalau dibuka, masalah keamanan, debu dan asap kendaraan akan masuk, namun jika ditutup ruangan akan terasa panas dan pengap, gangguan pada AC biasanya lantaran kurang perawatan. Tips berikut ini dapat membantu Anda melakukan perawatan AC sendiri sebelum kondisi AC menjadi rusak berat:



1. Jagalah selalu kebersihan kabin dari debu dan kotoran. Terutama karpet 2 lembar yang di depan karena akan tersedot kedalam evaporator ac mobil anda(lembab) sehingga terjadi jamur dan spora sangat tidak baik buat kesehatan, dan menimbulkan bau yg tidak enak bila pertama kali AC dihidupkan.
2.
Saat mencuci mobil, buka kap mesinnya dan semprotkan air yang kencang pada bagian Condensor AC mobil(yang bentuknya mirip radiator dan biasanya terletak didepan radiator) kotoran atau debu yang menempel bila dibiarkan akan mengeras bisa mengakibatkan korosi atau keropos sehingga menjadi bocor pada bagian kondensor AC.
3.
Memilih tempat parkir yang teduh jika parkir kendaraan dalam waktu yang cukup lama, Karena kalau di tempat panas biasanya pas pengemudi masuk, ruang dalam cukup panas dan mengakibatkan membutuhkan proses pendinginan yang lama. Selain itu beban pendinginan saat mobil berjalan pun ikut tinggi.
4. Periksalah
Extra Fan (kipas) yang didepan Condensor apakah berputar bila AC dinyalakankan. Bila tidak segera ganti, akan mengakibatkan Compressor AC rusak atau selang highpress bisa meledak.
5. Jangan merokok di dalam mobil karena asapnya bisa mengotori Evaporator AC / Cooling Unit karena nikotin yang lengket dan akan berlendir serta menimbulkan bau tak sedap dan susah untuk dihilangkan.

6.
Jangan memaksimalkan beban AC saat kendaraan melaju kencang dengan menurunkan temperaturnya.
7.
Sebelum menyalakan mesin matikan AC terlebih dahulu, sesudah mesin stabil baru AC dinyalakankan. Begitu pun sebaliknya, matikan AC terlebih dahulu sebelum anda mematikan mesin mobil anda.
8.
Jangan memakai pengharum wewangian yang mutunya kurang jelas, akan menimbulkan bau dan sulit untuk dibersihkan. Dan jangan memakai pengharum model colok/gantung ke GRILL AC mobil sebab sering mengakibatkan GRILL/angin-anginan patah (karena sebagian GRILL AC Mobil sulit diperoleh di pasaran).
9. Kalau ada gejala yang tidak biasa seperti AC kurang dingin lebih baik segera ke bengkel
Specialist AC Mobil agar tidak terlanjur rusak yang mengakibatkan biaya perbaikan yang tinggi.
10. Lakukan perawatan rutin AC. Sangat disarankan setahun sekali, yang perlu diganti Receiver Dryer / Filter AC mobil, Olie Compressor, service Motor Blower,Evaporator kuras Condensor dan Freon. Perawatan rutin di samping memperpanjang fungsi komponen AC menjadi lebih lama, juga akan membuat udara segar yang berembus selalu segar.


Demikian beberapa Tips tambahan untuk perawatan AC mobil anda.Selamat menikmati udara segar di mobil anda.







AUTO ROTARY Bintaro KHUSUS AC MOBIL
Jl.RC Veteran No:1a Bintaro Raya, Tanah Kusir. Jak-Sel

Email :
autorotary@yahoo.co.id

(021)734 2209
PIN BB : 297F E1FE
Web : www.Rotarybintaro.com

AC MOBIL ANDA TIDAK DINGIN??









DETEKSI MASALAH AC MOBIL




AC MOBIL ANDA TIDAK DINGIN??Cobalah periksa bagian saluran pipanya, EVAPORATOR , atau condensornya. siapa tahu sumber masalahnya terletak pada bagian itu.Jika anda menemukan cairan atau kotoran yg melekat pada saluran pipa AC Mobil, anda pantas mencurigainya. sebab cairan / kotoran itu, bisa jadi berasal dari freon ac yg bocor.akibatnya AC Mobil bs mengalami GANGGUAN atau daya pendinginnya tdk bisa bekerja secara maksimal.Hal yg Sama juga bisa terjadi pada condensor & Evaporatornya.
walaupun kedua komponen tersebut jarang mengalami kerusakan--tetapi jika tiba2 mobil anda mengeluarkan GAS BERWARNA PUTIH Itu bs pertanda evaporator mobil anda mengalami kebocoran.
Apabila hal tersebut terjadi pada saat anda menjalankan mobil, sebaiknya bukalah jendela, berhenti atau KELUAR DARI MOBIL, setelah itu jgn menggunakan ac lagi sampai bagian yg rusak selesai diperbaiki.
Evaporator yg bocor biasanya sulit diperbaiki. sebab kebocoran pada pipa evap -- terjadi karena korosi-- yg terbuat dari aluminium, itu sulit di
las, karena sepanjang pipa cenderung mengalami hal yg sama. jadi, mau tdk mau, evaporator hrs diganti dgn yg baru.
Agar EVAPORATOR AC mobil bs BERTAHAN LAMA, biasakanlah membersihkan saringan udara, juga selang karet pembuangan airnya atau pindahkan ujung selang, sehingga tdk bersinggungan dgn pipa knalpot.
Penyebab lain AC tidak dingin, adalah krn Compressor rusak atau magnet clutch nya tdk bekerja dgn baik., compressor yg rusak biasanya didahului dgn bunyi "Ngorok..''. walaupun freonnya sdh diisi, tetap saja AC tdk kunjung dingin.
Saat ini, banyak mobil dilengkapi dgn elektrik fan, atau pendingin tambahan. gunanya, untuk menjaga temperatur mesin, kondensor AC, dan menambah tekanan udara pada radiator mesin.Jadi, sesekali periksalah elektrik fan tersebut. apakah masih bekerja dgn baik atau tidak. anda bs megeceknya di saat parkir dan masih hidup. jika bunyi mesin mobil, sesekali terdengar keras dan lembut, itu menunjukan bahwa elektrik fan dan thermostat-nya dalam keadaan baik.
PERSEDIAN FREON kurang atau berlebihan juga bisa jadi penyebab AC mobil tidak dingin. untuk mengetahui isi freon kurang, bs dilihat dari gelembung udara pada sight glass(kaca) pengontrol dibagian atas tabung receiver-nya. jika isi freon berlebihan , sight glass akan tampak jernih tanpa gelembung udara. guna memastikan, normal-tidaknya jumlah freon disaluran ac mobil, lebih lanjut bisa dipastikan dengan alat pengukur tekanan.
Kerusakan AC mobil, dgn sendirinya akan menggangu kenyamanan anda dalam MENGENDARAI mobil. jadi, sebelum sesuatunya terjadi pada AC mobil anda, segeralah memeriksakannya di Bengkel ac mobil...




AUTO ROTARY Bintaro Specialist AC mobil & partJL.RC Veteran No : 1a, Bintaro Raya - tnh kusir.
Jakarta Selatan


(021)734 2209
PIN BB : 297F E1FE
Web : www.Rotarybintaro.com
Email : autorotary@yahoo.co.id
Website :
http://www.autorotary.indonetwork.co.id





video