Selasa, 10 Januari 2012

Compressor AC mobil







Compressor merupakan komponen yang bekerja memompa refrigerant agar dapat bersikulasi keseluruh unit AC mobil, sehingga terdapat perbedaan tekanan, baik sebelum dan sesudah masuk ke dalam compressor.

Prinsip kerja compressor mirip dengan "jantung" pada tubuh manusia dan refrigerant sebagai "darahnya”.

Pada bagian masuk compresor disebut sebagai daerah tekanan rendah (low press) dan bagian keluar compressor disebut daerah tekanan tinggi (high press).



Tenaga penggerak compressor untuk mensirkulasikan refrigerant berasal dari tenaga mesin, dengan beberapa perantara seperti :

*
Fanbelt
*
Pully Compressor
*
Magnetic Clutch Compressor
Compressor dapat berputar seirama dengan putaran mesin, dengan adanya pembagian tenaga mesin untuk menggerakan compressor, otomatis beban mesin akan bertambah sehingga secara otomatis konsumsi BBM pun akan sedikit meningkat.

Vitalnya fungsi compressor dalam system
AC mobil, sehingga perlu diperhatikan kondisi maupun perawatannya, jangan sampai karena kurangnya perawatan menyebabkan AC mobil tidak bekerja dengan normal.

Compressor yang terdapat pada unit AC mobil memiliki beberapa type, bentuk , dan ukuran yang berbeda-beda yang disesuaikan jenis mobil , CC mesin, dll.

Tidak ada komentar: