Senin, 04 Oktober 2010

info dasar Indikasi Kerusakan AC Mobil dan sekitarnya...!!


Sama dengan unit pendingin lainnya, dalam sistem AC mobil terdiri atas beberapa bagian dan komponen ( parts ) yang saling berhubungan antara satu dengan lainnya.
oleh sebab itu, jika salah satu bagian ada yang rusak, akan berpengaruh pada bagian yang lain.
misalnya, saat kita mengendarai mobil dan menyalakan AC, hembusan angin dari blower dirasakan cukup kencang dan settingan temperatur pada posisi paling dingin, tetapi masih terasa panas dan gerah atau terdengar suara berisik dari dalam mesin.
dari kasus tersebut, kemungkinan besar ada masalah pada sistem AC mobil. nah, untuk itu perlu dilakukan pengecekan pada komponen dan bagian-bagian sistem AC mobil.

namun sebelum pengecekan pada sistem AC mobil, pastikan kondisi mesin mobil dalam keadaan prima atau normal.
sebab, bisa saja masalah yang terjadi bukan pada sistem AC, tetapi disebabkan kondisi mobil itu sendiri.
misalnya saat menyalakan AC, setelah beberapa lama mengendarainya tiba-tiba jarum indikator suhu mesin melonjak naik dan mesin menjadi sangat panas hingga terjadi overheating.
namun setelah AC dimatikan, suhu mesin kembali turun. nah, dengan kasus tersebut, yang pertama perlu di periksa adalah kondisi Radiator, apakah salurannya ada yang mampet atau air radiator berkurang karena terjadi kebocoran..?

3 komentar:

sawali tuhusetya mengatakan...

wah, tips oke dan sangat bermanfaat, bos. terima kasih banget share infonya.

Andi Wong mengatakan...

mw following blog kamu tpi dicari2 gk ada widget followernya gan ?.. btw FOLLOW blog gw ya.. ;) Thx

Anonim mengatakan...

Bos .. makasih banget buat tipsnya. Persis kejadiannya sama dengan mobil saya. Semua instalasi AC sudah diganti Bos kecuali kondensor n kompresor, plus radiator sudah diganti. Mobil saya, mobil lama Mazda 323 Trendy thn.88. Tapi kok tetap belum teratasi ya Bos? Boleh tau analisisnya? Apakah kondensor en kompresor harus ganti? Mohon pencerahannya ya Bos, oya mohon infonya dung Bos, kalau diperbaiki di tempat Bos kira-kira butuh brp duit ya Bos?
Semoga Bos gak keberatan kirim ke email saya: monocinde@gmail.com
Salam dan terima kasih ya Bos,
Soeksmono.